RSS

apa itu CPI & PPI ( PRODUCER PRICE INDEX)


CPI (CONSUMER PRICE INDEX)
Adalah angka indeks yang menunjukkan tingkat barang dan jasa yang harus dibeli konsumen dalam satu periode tertentu. Angka tersebut diperoleh dengan menghitung harga barang dan jasa yang utama dikonsumsi oleh konsumen. Bobot paling besar dianggap paling penting. Jika CPI semakin besar maka telah terjadi INFLASI.
Namun dilihat dari cakupan komoditas yang dihitung dalam CPI kurang mencerminkan tingkat inflasi yang sebenarnya.


PPI ( PRODUCER PRICE INDEX)
Jika CPI memandang inflasi dari sisi konsumen , maka PPI memandang inflasi dari sisi PRODUSEN.
Jika PPI naik maka mata uang Negara yang bersangkutan akan melemah,
Jika PPI turun maka mata uang Negara yang bersangkutan akan menguat.
PPI ATAU PRODUCER PRICE INDEX adalah angka –angka index yang tersusun dari banyak komponen dimana komponen yang paling sering digunakan atau dominant diberikan nilai bobot yang semakin besar. Kemudian perubahan-perubahan nilai angka index ini akan memberikan gambaran jika angka meningkat berarti terjadi kenaikan harga dari sisi produsen. Apa yang akan terjadi jika biaya produksi naik ?
ada beberapa kemungkinan , pertama : harga barang jual akan dinaikkan dan jika ini terjadi secara umum maka disebut terjadi inflasi . Dimana pendapatan masyarakat secara umum adalah tetap dan harga barang secara umum adalah naik , maka “DAYA BELI” masyarakat akan berkurang dan ini disebut tingkat kemakmuran masyarakat berkurang.
Misal : Gaji si –A 1 juta /bulan , biaya total kehidupan Rp 750.000 dengan kenaikan biaya hidup sedangkan pendapatan tetap maka daya beli si A akan berkurang atau kemakmuran si-A akan berkurang. Secara sangat simplenya begitu.
Kedua , jika harga barang tidak dinaikkan maka ada kemungkinan jumlah produksi semakin diperkecil dan jika ini terjadi pada level makro maka yang terjadi adalah supply agregat menurun sedangkan demandnya tetap , ini sama saja harga barang akan naik (inflasi)
Ketiga , masih bisa terjadi banyak kemungkinan dari pengurangan asset jika PPI tidak turun dalam jangka panjang maka bisa-bisa pabrikasi mengurangi nilai asset sampai pemecatan pegawai---> terjadi angka pengangguran

Jadi PPI naik , berarti biaya produsen naik--> indikasi terjadi inflasi---> inflasi terlalu tinggi dinilai buruk bagi perekonomian --->
jika diasumsikan nilai PPI naik secara continue ---> mata uang melemah---> untuk mengatasinya---> dinaikkannya suku bunga---> mata uang menguat .


0 Responses to "apa itu CPI & PPI ( PRODUCER PRICE INDEX)"

Post a Comment

 

Random Posts

Recent Comments

About Template

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors