RSS

INFLASI


Definisi inflasi adalah kenaikan harga yang berlangsung terus-menerus dan bersifat umum,sehingga syarat terjadi inflasi adalah : kenaikan harga , bersifat umum , dan terus-menerus.
Misalnya harga buah mangga naik dari Rp 5000 menjadi Rp 7000 , hal ini belum bisa dikatakan terjadi inflasi karena kenaikan harga buah mangga tidak bersifat umum dan tidak mempengaruhi kenaikan harga barang lainnya. Lain halnya misalnya dengan kenaikan harga BBM yang akan berimplikasi pada kenaikan harga barang konsumsi lainnya.
Inflasi :
1. Resesi, inflasi dorongan biaya yaitu terjadi karena kenaikan biaya produksi.
2. Ekspansi, inflasi tekanan permintaan yaitu terjadi karena dominannya tekanan permintaan agregat.
3. Stagflasi menerangkan kombinasi dari dua keadaan buruk yaitu stagnasi dan inflasi , stagnasi adalah kondisi dimana tingkat pertumbuhan ekonomi sekitar nol persen/ tahun. Jumlah output tidak bertambah dan sayangnya kondisi ini disertai dengan inflasi. Stagflasi akan terjadi jika permintaan agregat bertambah sedangkan penawaran agregat berkurang.

Indikator Inflasi :
a. Indeks Harga Konsumen / Consumer Price Index (CPI)
Menunjukkan tingkat harga barang dan jasa yang harus dibeli konsumen dalam satu periode tertentu ,dengan menghitung harga barang dan jasa utama , masing-masing diberi bobot sesuai dengan tingkat keutamaannya. Semakin penting diberi bobot semakin besar. Jika IHK semakin besar maka telah terjadi inflasi.

b. Indeks Harga Perdagangan Besar (Wholesale Price Index / Producer Price Index)
Jika IHK melihat inflasi dari sisi konsumen maka IHPB/PPI melihat inflasi dari sisi produsen.

c. Indeks Harga Implicit (GDP DEFLATOR)
Untuk mendapatkan gambaran inflasi yang sebenarnya, ekonom menggunakan IHI , angka deflator ini diperkenalkan dalam pembahasan PDB /GDP berdasarkan harga berlaku dan konstan , yaitu dengan membandingkan tingkat pertumbuhan ekonomi nominal dengan pertumbuhan riil. Selisih keduanya merupakan inflasi.

DAMPAK INFLASI :
1. Menurunnya tingkat kesejahteraan rakyat.
2. Makin buruknya distribusi pendapatan.
3. Terganggunya kestabilitas ekonomi.

Dalam pengantar ekonomi mikro sudah dipahami bahwa harga jual suatu komoditas ditentukan oleh kekuatan pasar, interaksi diantara kekuatan permintaan (demand) dan kekuatan penawaran (supply). Nah analogi ini dipakai oleh Keyness dalam analisa inflasi.
Jumlah produksi total barang dan jasa dalam kondisi keseimbangan merupakan output keseimbangan PDB/GDB (GROSS DOMESTIC PRODUCT). Permintaan dan penawaran yang dianalisis untuk inflasi adalah bersifat agregat / menyeluruh.


0 Responses to "INFLASI"

Post a Comment

 

Random Posts

Recent Comments

About Template

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors