RSS

Instrumen kedua


KEBIJAKAN TINGKAT DISKONTO
Ketika bank komersil mengalami kekurangan cadangan, mereka boleh meminjam dari Bank Federal Reserve. Pinjaman-pinjaman itu dimasukkan dalam asset yang disebut “ Pinjaman dan Penerimaan “.
Pinjaman-pinjaman ini disebut juga cadangan yang dipinjam. Ketika cadangan yang dipinjam berkembang , bank-bank meminjam dari FED. Sehingga akan menambah total cadangan bank (cadangan yang dipinjam ditambah cadangan awal). Sebaliknya, penurunan cadangan yang dipinjam akan menurunkan total cadangan bank.

Pada tahun-tahun awal jendela disconto merupakan kendaraan utama untuk menyediakan cadangan system perbankan. Dengan berkembangnya pasar keuangan dan semakin membaiknya pemahaman akan peran kebijakan moneter , FED telah mengubah operasi pasar bebas sebagai perangkat utama untuk mempengaruhi cadangan bank. Kini jendela disconto terutama digunakan untuk meredam fluktuasi sehari-hari dari cadangan bank-bank anggota. Bank dapat mendekati jendela disconto ketika terjadi fluktuasi cadangan yang disyaratkan , sehingga besarnya gejolak jangka pendek dalam suku bunga berkurang.
Kadangkala, FED dapat menaikkan atau menurunkan tingkat disconto, yaitu tingkat suku bunga yang dikenakan pada bank yang meminjam dari 12 Bank Federal Reserve regional . Selama bertahun-tahun, tingkat disconto merupakan penanda kebijakan moneter.
Sebagai contoh , tahun 1965 , ketika FED ingin mengirim tanda pada pasar bahwa ledakan perang Vietnam mengancam terjadinya inflasi, tingkat disconto dinaikkan. Begitu kuatnya tanda ini hingga ketua FED , Martin, dipanggil menghadap ke peternakan Presiden Johnson untuk memberi penjelasan, karena takut suku bunga yang tinggi akan menghambat ekonomi.

Sekarang ini, tingkat disconto relative merupakan instrument kecil saja dari kebijakan moneter. Terkadang, perubahan tingkat disconto digunakan untuk menandai perubahan kebijakan utama pasar. Tetapi, lebih sering tingkat disconto hanya mengikuti suku bunga pasar untuk mencegah bank mendapatkan untung dari meminjam dengan tingkat disconto yang rendah kemudian meminjamkan ke pasar dengan bunga yang lebih tinggi.


1 Responses to "Instrumen kedua"
Blogger said...

ŞİMDİ EVDEN PARA İŞLEME BAŞLAMAYIN

Şimdi başla


November 28, 2017 at 8:30 PM

Post a Comment

 

Random Posts

Recent Comments

About Template

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors